best free website templates

Dari Kantor Ketua

DKK Des 2019    DKK Nov 2019    DKK Okt 2019    DKK Sep 2019    DKK Agt 2019    DKK Jul 2019   

DKK Jun 2019    DKK Mei 2019    DKK Apr 2019    DKK Mar 2019    DKK Feb 2019    DKK Jan 2019

Cihanjuang, Agustus 2019
Salam sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus Kristus!
Sahabat Tiranus yang saya kasihi,
Apa kabar Bapak, Ibu dan Saudara saat ini? Saya yakin bahwa di bulan Agustus ini dalam ibadah di gereja terdengar pemberitaan Firman Tuhan bertema kemerdekaan, terkait perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Dalam pelayanan ibadah beberapa minggu lalu, saya mengajak jemaat memahami pernyataan Tuhan Yesus mengenai kemerdekaan, yang berkata, “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu...Jadi, apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka” (Yoh. 8:31-32, 36).
 Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yesus yang mengerjakan kemerdekaan dalam roh dan jiwa, yang wujudnya mencakup kemenangan atas dosa, pencobaan dan godaan serta kebebasan dari rasa inferioritas, sehingga mampu partisipatif dalam pekerjaan-Nya di tengah dunia. Kita dimerdekakan dari perhambaan bahkan belenggu dosa, oleh kasih karunia Allah. Kita dimerdekakan untuk menjadi pribadi-pribadi yang gemar berbuat baik serta kebenaran (Titus 2:14). Kemerdekaan rohani itu pula yang memotivasi kita secara bersama-sama mengembangkan pekerjaan Kristus, untuk memperlengkapi mahasiswa, menjadi lulusan berkarakter dan kompeten melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus (Mat. 28:19-20). Terpujilah Sang Juruselamat.
 Keseluruhan mahasiswa program Sarjana Teologi yang belajar semester Ganjil 2019/2020 ini adalah 87 orang. Mahasiswa baru yang dikirimkan Tuhan berjumlah 27 orang, berasal dari berbagai daerah, dengan usia majoritas 18-20 tahun. Artinya, mereka bergumul dengan pencarian kemantapan identitas diri. Sebagian besar mereka didanai oleh keluarga dan lembaga pengutus, dan sepuluh orang disponsori oleh seseorang yang memberi perhatian bagi mahasiswa dari wilayah dengan gereja-gereja tradisional sangat kuat. Mereka tentu akan kembali ke wilayahnya setelah menuntaskan studi, sebagaimana para lulusan sebelumnya.
 Sebenarnya lebih dari 35 orang yang mendaftar ke Tiranus namun terbentur oleh ketersediaan beasiswa baik yang berskala penuh maupun sebagian. Ini patut menjadi pokok doa kita, kiranya Tuhan mengirimkan sumber-sumber beasiswa bagi calon mahasiswa, di tahun depan. Minat calon mahasiswa untuk belajar di Tiranus cukup besar. Mereka mendapat informasi bahwa STA Tiranus berkomitmen menghasilkan lulusan menjadi pelaksana Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus, melalui pelayanan pemberitaan Injil, pendidikan, penggembalaan, dan konseling.
 Mahasiswa program Pascasarjana yang aktif belajar kini berjumlah 53 orang, termasuk lima mahasiswa baru. Calon mahasiswa yang ingin belajar di jenjang ini pun cukup banyak, karena komitmen program studi kepada Amanat Agung Kristus. Namun, mereka terkendala oleh ketersediaan beasiswa. Mahasiswa di jalur ini mengikuti kuliah padat pada pertengahan Juni hingga pertengahan Juli 2019 lalu. Kini mereka tengah mengerjakan tugas-tugas perkuliahan sambil melakukan pekerjaan keseharian. Kita berdoa supaya mereka dapat menuntaskan studi dalam waktu dua hingga empat tahun, sesuai dengan peraturan perguruan tinggi yang berlaku.
 Staf kependidikan baru. Mengingat pekerjaan administrasi penting dalam memajukan pengelolaan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di Tiranus, maka diambil keputusan untuk menghadirkan tenaga kependidikan baru. Mereka itu ialah Sdr. Serius Mendrofa membantu tugas-tugas administrasi umum (BAUM). Sdr. Adi Samuel menjadi staf Unit Penjaminan Mutu Internal (UPMI). Sdri. Tina Raja, staf Keuangan dan Bendahara. Sdr. Beri Tarigan secara paruh waktu membantu pekerjaan BAAK dan pembelajaran online. Sdr. Samuel Samson beserta istrinya Linda, menjadi Bapak dan Ibu asrama, untuk dengan kasih membantu mahasiswa berkomunitas secara baik. Sebab, mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang denominasi, suku dan budaya.
 Peninjauan ulang visi, misi dan tujuan Tiranus. Masa akreditasi STA Tiranus sebagai institusi akan berakhir 22 Juni 2020 (SK BAN-PT No. 538/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015). Seluruh kelengpakan data sesuai tuntutan instrumen harus diterima oleh BAN-PT paling lambat bulan Desember 2019. Oleh sebab itu, rapat khusus yang diikuti oleh stakeholders mencakup Pengurus Yayasan, Anggota Dewan Penyantun, Senat Dosen, wakil dosen, wakil mahasiswa, alumni dan pengguna alumni, diselenggarakan pada hari Senin-Selasa, 26-27 Agustus 2019. Disamping melakukan evaluasi kinerja lembaga pada periode empat tahun lalu (2015-2019), rumusan visi, misi, tujuan dan nilai-nilai dasar lembaga telah dikemukakan. Setelah melakukan analisis SWOT, diungkapkan pula tujuh isu strategis yang akan menjadi pedoman perumusan Rencana Induk Pengembangan (Renip) untuk masa 2019-2045. Semua masukan itu akan digodok oleh Pengurus Yayasan bersama Senat Sekolah Tinggi, dalam waktu dekat, menjadi keputusan signifikan.
 Renovasi tiga unit asrama mahasiswa berkeluarga. Tiga unit rumah sederhana untuk asrama mahasiswa berkeluarga kecil tengah dikerjakan. Biaya disediakan Tuhan melalui dukungan satu keluarga warga jemaat Gepembri, Kelapa Gading, Jakarta. Kini renovasi itu sudah pada tahap pemasangan bubungan untuk atap, dengan kerangka baja ringan.
 Dosen yang menuntaskan studi. Bapak Hery Setio Adi sudah memulai studinya di tingkat doktoral dalam Perjanjian Lama, di STT Cipanas. Bapak Pdt. Edi S. Ginting, tengah merampungkan bagian akhir disertasi, di STT Jakarta. Bapak Raskita Barus, optimis menuntaskan disertasi untuk Torch International University di Seoul, Korea, akhir tahun 2019 ini. Ketuntasan studi mereka akan menguatkan kualitas pengajar di Tiranus, khususnya pada program Pascasarjana.
 Kebutuhan finansial lembaga. Laporan keuangan dari Bendahara ialah bahwa hingga akhir bulan Juli, Tiranus mengalami defisit sejumlah 114 juta rupiah. Kami memhon dukungan doa Bapak/Ibu/Sdr atas pencukupan dana operasional berjumlah Rp. 253 juta per bulan. Selain itu, kita terus memohon ketersediaan dana abadi Tiranus sedikitnya 2 M menurut assessor BAN PT.
  Demikianlah informasi, ucapan syukur kepada Tuhan, dan permohonan doa yang dapat kami kemukakan dalam kesempatan ini. Terima kasih banyak.
Teriring salam dan doa kami,
Dr. Binsen S. Sidjabat
NIDN 2312035701
Catatan:
Untuk menghemat biaya pengiriman DKK melalui pos, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu dan Saudara mengirimkan alamt email kepada: baum@tiranus.ac.id atau mengirimkan nomor WA Kepala Bagian Umum Tiranus, Ibu Lidya Chayo: 0821-1467-2781.Terima kasih banyak.