DKK Januari 2021

Cihanjuang, 18 Januari 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara

Mitra dan Pendukung Tiranus

Di

Tempat

Selamat Hari Natal dan Tahun Baru. Apa kabar Ibu, Bapak dan Saudara saat ini? Kiranya kasih karunia Allah Bapa, Tuhan kita Yesus Kristus dan Allah Roh Kudus, senantiasa menaungi dan menyegarkan. Kita butuh kesegaran hati, jiwa, pikiran bahkan jasmani, menghadapi keseharian tugas dan tanggung jawab di masa pandemi Covid-19 ini!

            Sebagai pengikut Tuhan Yesus, tugas dan panggilan kita di masa kritis ini ialah tetap setia melaksanakan Amanat Agung-Nya. Banyak orang membutuhkan kepastian keyakinan untuk pengampunan dosa, kehidupan kekal setelah kematian, kemenangan hidup di tengah dunia dan dalam menghadapi peperangan rohani. Kitab-kitab Injil, memberitahu bahwa Tuhan Yesus Kristus sanggup memenuhi kebutuhan tersebut.

            Amanat Agung Tuhan patut kita tunaikan secara cendekia, dalam arti menggunakan kesopanan dan kearifan di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka yang meragukan Tuhan Yesus Kristus (1 Ptr. 3:15-16).  Kita juga mengembangkan keterampilan komunikasi dalam penggunaan media sosial dan virtual.

            Kita patut meneladani Tuhan Yesus Kristus yang hati-Nya diwarnai belas kasihan (Mat. 9:35-36). Kasih dan belas kasihanlah yang memotivasi para rasul di masa lalu, termasuk rasul Paulus, untuk setia sampai akhir hidupnya mengajak orang percaya dan beriman kepada Tuhan Yesus Kristus (2 Kor. 5:14). Kita berdoa syafaat bagi negeri ini juga dimotivasi oleh kasih itu.

            Sebagaimana dikemukakan oleh Tuhan Yesus, kita membutuhkan bimbingan Roh Kudus dalam menyaksikan kasih dan kebenaran-Nya (Yoh. 15:26-27). Kisah Para Rasul mengemukakan bagaimana Roh Kudus menuntun para pengikut Tuhan menjadi saksi bagi-Nya dari Yerusalem, Yudea, Samaria hingga ke ujung bumi (Kis. 1:8). Dengan memberi diri kepada bimbingan Roh Kudus, mereka berani dan kreatif melaksanakan Amanat Agung Tuhan.

            Para pengikut Tuhan melaksanakan Amanat Agung melalui pelayanan penggembalaan atau pastoral (Ef. 4:11-16). Ketika memfasilitasi pembelajaran iman (agama) Kristen dalam konteks sekolah maupun jemaat, kita menuntun pembelajar mengenal pribadi Tuhan Yesus (bd. Kol. 1:27-29). Dalam percakapan konseling, kita  menuntun konseli mempercayakan hidup kepada Sang Pembaru kehidupan. Jadi, dalam beragam bentuk dan momentum pelayanan, kita menuntun orang bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus (2 Ptr. 3:18).

            Terima kasih atas dukungan Bapak/Ibu/Saudara bagi kegiatan belajar mahasiswa di Tiranus. Kami sangat merasa terhibur dan bersemangat atas dukungan doa yang diberikan selama ini. Sebaliknya, kami juga terus mendoakan para mitra dan pendukung Tiranus, khususnya pada setiap Jumat dalam kegiatan doa puasa. Kita tahu betapa penting dukungan doa untuk pekerjaan pelayanan Tuhan (bd. Ef. 6:18-20). Jemaat mula-mula tangguh memberitakan Injil karena adanya para pendukung doa (bd. Kis 4:25-31).

            Sangat menggembirakan hati kami pula di kampus melihat dukungan dana yang diberikan oleh para mitra dan pendukung sesuai kemampuan. Sekalipun berada dalam keadaan sulit, namun kami percaya bahwa Bapak/Ibu dan Saudara tetap giat mengirimkan dana bagi pekerjaan Tuhan kita. Kita bergandengan tangan untuk memperlengkapi mahasiswa menjadi pengemban Amanat Agung Tuhan. Kami percaya kepada perkataan Tuhan Yesus, Berbahagialah orang yang murah hati karena mereka akan beroleh kemurahan (Mat. 5:7).

            Sekali lagi, terima kasih kami ucapkan kepada Bapak, Ibu dan Saudara yang mendukung pekerjaan Tuhan melalui doa dan dana. Dalam kesempatan ini, izinkan pula kami menyampaikan beberapa pokok doa berikut:                        

            1) Berdoa untuk upaya dosen dan staf meningkatkan peringkat akreditasi lembaga dan program studi, sebagai realisasi Rapat Kerja 7-10 Desember 2020. Fokus perhatian pada tahun 2021-2022 ialah membenahi beragam kebutuhan sesuai intrumen BAN PT dengan 9 standar, untuk reakreditasi program studi Sarjana yang akan berakhir 16 Juni 2023.

            2) Berdoa untuk 87 mahasiswa program studi Sarjana. Empat belas mahasiswa memasuki praktik pelayanan selama satu semester (Januari-Mei 2021). Mahasiswa lainnya mengikuti perkuliahan secara online, dan tentu membutuhkan dukungan dana untuk paket data mereka.

            3) Berdoa untuk pembelajaran mahasiswa program studi M.Th yang telah berubah dari Kegiatan Primo dan Medio menjadi Perkuliahan Semester Ganjil dan Genap. Karena itu, perkuliahan 54 mahasiswa (termasuk 9 yang baru) dalam program studi M.Th yang akan berlangsung secara online akan berlangsung pada bulan Februari-Mei 2021.

            4) Berdoa untuk 16 mahasiswa yang mulai studi dalam program studi Magister Ministri (MMin) dengan fokus Penatalayanan Gereja. Program ini merupakan kerjasama Sinode GUP dengan Tiranus. Namun, mahasiswa berasal dari gereja lainnya juga dapat mengikuti kegiatan. Program ini dipimpin oleh Bapak Dr. Nimrod Faot dibantu staf BAAK, Sdri. Ani Marbun, S.Th.

            5) Berdoa untuk pencukupan dana operasional STA Tiranus Rp. 320 juta/bulan.

            6) Berdoa untuk program pelayanan kemitraan melalui online yang dipimpin oleh Bapak Sundjaja (M.Div, Alumni 1983), bersama tim kerja Bapak Dr. Sridadi Atiyanto. Tim kerja ini menyediakan kotbah, renungan, pengajaran para dosen juga tenaga kependidikan Tiranus, untuk memberkati warga dan pemimpin gereja di tanah air dan wilayah yang lebih luas. 

            7) Berdoa untuk pemerintah, gereja dan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Kira damai sejahtera Allah menuntun semua pihak bekerjasama dengan baik.

            Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dari kampus di Cihanjuang. Tuhan Yesus memberkati.

                                                                   Teriring salam dan doa kami,

Binsen S. Sidjabat

NIDN 2312035701

Leave a Reply