DKK April 2020

Dari Kantor Ketua
Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus

Alamat: Jl. Cihanjuang KM 5.2, Desa Cihanjuang Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat Alamat Surat: PO Box 1030 Bandung 40010
Telepon: (022) 665 8354, Fax: (022) 665 8353, E-mail: stat@tiranus.ac.id
Cihanjuang, 24 April 2020 Salam sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus Kristus!
Sahabat Tiranus yang saya kasihi,

Apa kabar Ibu, Bapak dan Saudara yang dikasihi Tuhan kita Yesus Kristus? Kami selalu berharap bahwa kekuatan serta hikmat dari Allah senantiasa memberikan semangat, mengarungi beragam pergumulan keseharian hidup.

Dosen, staf dan mahasiswa di kampus terus menerus berdoa syafaat untuk dunia yang bergumul di masa ini, termasuk mendoakan Bapak, Ibu dan Saudara yang mendukung pekerjaan Tuhan Yesus, dalam pendidikan dan pelatihan hamba-hamba-Nya bagi tugas Amanat Agung (1 Tim. 2:1-2; Ef. 6:18).

Kami memahami betapa tidak mudahnya stuasi saat ini yang tengah terjadi di tempat pelayanan, pekerjaan atau usaha yang selama ini dipercayakan oleh Tuhan. Namun, kiranya kita tetap termotivasi untuk percaya bahwa Sang Imanuel selalu hadir dalam pergumulan anak-anak-Nya.

Sebab, Dia berkata, “Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman” (Mat. 28:20).

Keyakinan kepada kasih Bapa yang merangkul kita, belas kasihan dan kemurahan Tuhan Yesus Kristus, serta sukacita dan damai sejahtera dari Roh Kudus, amat kita butuhkan di masa pandemik Covid-19 ini. Doa kami dari Cihanjuang, semoga hal itu menjadi nyata di dalam pergumulan Bapak, Ibu dan Saudara. Tuhan memberi ketekunan dan hikmat bagi supaya kita sanggup atau berkemenangan menghadapi beragam pencobaan (Yak. 1:2-5).

Dengan segenap hati pula kami mengucapkan terima kasih atas dukungan doa dan finansial yang dikirmkan kepada Tiranus, di tengah pergumulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sebab, keadaan demikian tentunya mempengaruhi kehidupan ekonomi dan finansial para sahabat Tiranus.

Dalam kesempatan ini perkenankan kami menyampaikan beberapa informasi dari kampus Cihanjuang, untuk kita doakan bersama.

Pembelajaran melalui online.
Dari 87 mahasiswa program S-1, sejumlah 52 orang masih tinggal di kampus khususnya mereka dari luar pula Jawa. Mahasiswa yang tinggal di Bandung dan sekitarnya sudah kembali ke rumah masing-masing sesuai keinginan orangtua mereka. Perkuliahan untuk mahasiswa program S-1 terus berlangsung namun dilaksanakan secara online.

Kita bersyukur bahwa dalam situasi sekarang, Tuhan memampukan dan menuntun para dosen untuk terampil mengelola pembelajaran melalui online. Di masa lalu, pembelajaran dengan cara ini belum dianggap sebagai kebutuhan.

Karena itu pula, perkuliahan untuk mahasiswa program S-2 yang akan berlangsung pada 16 Juni —11 Juli 2020, juga akan dilangsungkan secara online. Rencana perkuliahan (Silabus) dan bahan-bahan bacaan serta sumber belajar lainnya, dapat dikirmkan melalui perangkat lain seperti schoology
atau moodle.

Kita patut bersyukur bahwa seorang alumni Tiranus, awal bulan April, berkenan mengirimkan dana 8,5 juta untuk peningkatan sarana pembelajaran online. Dengan demikian mahasiswa yang tinggal di asrama putri dan putra, tidak harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk membeli pulsa.

Kita masih memerlukan satu unit bandwith wifi lagi sebesar 100 mbps, menambah yang tersedia sekarang. Saya mengajak Bapak, Ibu dan saudara bersyukur atas komitmen mitra Tiranus yakni Overseas Council Australia (OCA) yang memberi perhatian.

Mahasiswa menulis Skripsi dan Tesis.
Kita doakan supaya mahasiswa program Sarjana (21 orang) dan Magister (20 orang) tengah menulis Skripsi dan Tesis bisa diwisuda pada bulan Juli yang akan datang. Sudah direncanakan bahwa baik ujian sidang maupun wisuda akan dilakukan secara online, mengikuti kegiatan serupa di berbagai kampus perguruan tinggi, sesuai kebijakan pemerintah.

Perbaikan penahan tebing longsor.
Pembuatan dinding penahan tebing di Pasarean Alit tetap dapat berlangsung, dan sudah mendekati selesai. Terima kasih untuk dukungan doa dan dana dari para sahabat yang khusus mendanai pengerjaan ini.

Dosen yang studi lanjut.
a) Bapak Pdt Edi Ginting sudah merampungkan disertasi doktoralnya untuk STTF Jakarta. Namun, karena situasi ini, ujian untuk disertasi ditunda hingga waktu yang tepat.

a) Bapak Herry Susanto, telah mendapat kepastian diterima dalam program PhD dalam bidang Perjanjian Baru, di Ottago University, New Zealand. Beasiswa untuk studi 3,5 tahun itu juga sudah difasilitasi oleh universitas. Studi akan dimulai Oktober 2020.

b) Bapak Herry Setyo Adi terus menuntaskan matrikulasi untuk program doktoral studi Perjanjian Lama di STT Cipanas.

Pokok-pokok doa lainnya.
1) Perlindungan Tuhan bagi komunitas kampus, dosen, staf dan mahasiswa (sekitar 57 orang), di masa PSBB ini. Sejauh ini kemurahan Allah melingkupi kami semua.

2) Kiranya Tuhan berkenan mengutus mahasiswa baru untuk belajar melalui para dosen di Tiranus. Dosen akan melayani mereka melalui kombinasi kuliah tradisional dan daring.

3) Kiranya Tuhan cukupkan dana operasional STA Tiranus Rp. 303 juta per bulan.
Bulan Maret lalu defisit dana operasional sejumlah 64 juta rupiah. Tampaknya mulai bulan April ini komunitas dosen dan staf harus belajar bersyukur menerima penyediaan Tuhan untuk honorarium mereka, yang akan berbeda dengan masa sebelumnya.

Teriring salam dan doa kami,

Dr. Binsen S. Sidjabat
NIDN 2312035701

Akreditasi: S-1 SK BAN-PT No. 030/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013; S-2 SK BAN-PT No. 243/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013 Asia Theological Association (ATA) tahun 2013-2018
Izin Penyelenggaraan: Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI DJ.IV/Kep/HK.00.5/546/2016 (S-1); DJ.IV/Kep/HK.00.5/547/2016 (S-2); DJ.IV/Kep/Hk.00.5/548/2016 (S-3)
Bank Account: BCA Cab. Cimahi No. 139.300 101.5 & Bank OCBC NISP Cab. Cimahi No. 080010967132